Posted by: lilyardas | December 20, 2013

Trial di SD Cendekia Leadership

wpid-IMG_20131210_080243.jpgAwal Desember ini Hasbi trial 2 hari di SD Cendekia. Dari awal dia ribut mau sekolah di sana. Alasannya karena area pasirnya luaassss. Perjanjiannya hari pertama saya akan mendampingi Hasbi dan hari kedua saya tinggalin. Mendampingi anak di kelas menurut saya penting, karena sebagai orang tua kita juga harus bisa menilai kualitas pendidik di sana.

Ruang kelas di Cendekia tergolong luas, mungkin kira-kira ukuran 8×8 meter. Dengan jumlah kapasitas maksimal 24 anak. Hanya 21 anak yang terdaftar di sini. Selain lokasinya di pelosok, harganya emang kurang rasional. Gak heran di sini masuk ga usah pake tes, kalau cocok, silakan daftar, langsung bayar. Trial pun ga wajib, kalo saya ga minta waktu itu ga ditawarin.

Rasio guru di sini adalah 1:15, sehingga kalau murid sudah 16 akan ditambah gurunya. Semua guru S1. Sedangkan rasio ABK terhadap anak normal adalah 1:10 dengan guru pendamping yang juga harus lulusan S1 (salah satu yg saya ajak ngobrol adalah lulusan STT Tekstil).

wpid-IMG_20131210_081730.jpgHari itu, selain Hasbi, ada Acu yg trial. Kemudian ada 3 anak TK B yg juga trial di sana. Kelas jadi ramai. 21 anak lama, 5 anak trial, 2 guru kelas, 2 guru pendamping dan 1 guru perpus yang ditugaskan untuk mendampingi anak2 trial.

Bu Wilda memulai kelas dengan Circle Time, menyanyi, berdoa, dan memperkenalkan teman-teman baru yang hadir untuk trial. Beberapa kata berbahasa Inggris diperkenalkan juga pada ana-anak. Kegiatan yang tidak jauh berbeda dengan Circle Time di TK. Pada saat ini juga bu Wilda memaparkan jadwal kegiatan hari itu.

Our activities today:
1. Outing
2. English
3. Snack Time
4. Science
5. Dhuhur and lunch
6. Reading
7. Fun games
8. Iqra dan membaca
9. Pray ashar and go home

wpid-IMG_20131210_093309.jpgOuting yang dimaksud adalah kegiatan jalan2 dan joging sekeliling perumahan. Kelas 1-9 semua ikutan. Wajib bekal botol minum masing-masing. Sampai di sini wajah Hasbi masih canggung. Tapi pulang outing, keliatan dia ga berhenti ngobrol dengan bu Wilda.

Pulang outing, anak disuruh mengganti pakaian sendiri. Kemudian dengan format circle time, guru bahasa Inggris mengajarkan lagu-lagu bahasa Inggris. Hasbi mulai keliatan excited, karena beberapa lagu dia kenal di Bintang Waktu.

Setelah snack time (dibekal dari rumah) di ruang makan, anak-anak diajak ke halaman untuk kegiatan Science mencampur warna. Pada kegiatan ini bu psikolog mulai bergabung untuk mengobservasi anak-anak trial. Saya juga berkesempatan ngobrol dengan bu perpus yang sedang menemani Acu yang ngadat ga mau ikut kegiatan

Kegiatan dilanjutkan dengan shalat dhuhur dengan makan siang. Menu kali itu soto bandung dan tahu goreng. Hasbi sukses makan nasi putih dan kerupuk saja 😦

Saya kabur sebentar dari observasi, karena tau diri lah ga dapet jatah makan siang hehehe.

wpid-IMG_20131210_104057.jpgBalik dari makan siang, ruang kelas terlihat kosong. Rupanya sekarang kegiatan Fun Games di aula lantai 2. Kegiatan seperti merayap, lari engklek, main becaan berlangsung seru riuh tawa. Hasbi terlihat berjoget-joget keasikan.

Setelah itu anak-anak bermain di play ground untuk kegiatan Iqra dan membaca yang terlihat informal. Belajar membaca sambil duduk-duduk di ayunan. Belajar Iqra sambil di bangku halaman.

Kegiatan hari itu ditutup dengan shalat Ashar dan doa penutup.

Hari kedua, Hasbi datang terlambat, tapi dengan pede langsung nyelonong masuk kelas sampe lupa salim sama abah…..

Info tentang harga, saya simpan di sini https://lilyardas.wordpress.com/2013/10/09/sd-cendikia-leadership/

Advertisements

Responses

  1. Kesantunan guru-guru cendekia cukup tinggi. Semua guru yang berpapasan, selalu menyapa dengan ramah. Beberapa anak murid juga menyapa saya dengan gaya khas anak-anak. Salah satunya “Hasbi tadi ke sini naik mobil merk apa?” Halah….

    Suasana belajar sangat santai. Pintu kelas tidak pernah ditutup. Saya bahkan bebas keluar masuk ruangan sesuka saya mau. Kadang malah ikutan duduk ngobrol dengan Hasbindan gurunya. Ketika saya cuma ngintip2 ke dalam aula ketika mereka bermain Fun Games, salah satu guru bahkan mengundang saya untuk masuk menyaksikan kegiatan anak-anak

    Like

  2. Lokasinya dimana ya ? Biayanya ?

    Like

  3. Salaam Mbak,

    Terimakasih banyak review sekolah2nya di Bandung. Sangat membantu. Saya jg lagi survey cari sekolah buat anak saya, yg tipe belajarnya kyny mirip2 dgn Hasbi (kinestetik & naturalist). Klo boleh tahu, Hasbi akhirnya disekolahkan dmana? Makasih sharingnya. 🌹

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: