Posted by: lilyardas | October 11, 2013

SD Firdaus Percikan Iman

downloadTidak mudah menemukan informasi sekolah ini di Internet. Ntah karena memang lokasinya di kab. Bandung Barat, atau memang komunitasnya bukan internet minded, termasuk sekolah ini tidak punya web dan facebook. Tapi akhirnya ketemu juga alamatnya di Google. Masalah berikutnya, si alamat ga bisa ditemukan di Google Map. Hadeeehh…. Saya jadi harus telepon untuk bertanya how to get there.

Gak gampang ke sekolah ini, apalagi untuk orang yang tidak berkendaraan pribadi seperti saya. Dari Jln Setiabudi saya menghabiskan ongkos ojek sebesar Rp. 20.000 (Rp. 40.000 pp), melewati jalanan yang berbukit2 sampai2 anak2 saya berteriak2 seru kegirangan.

Akhirnya sampai juga kami di sekolah yang dipenuhi dengan parkiran mobil (ya iya lah, sejauh itu sekolah, males juga kali ortunya pulang pergi, mendingan nunggu). Reaksi pertama anak2 saya “Waaaaaa…. aku mau sekolah di sini!” Sekolah ini memang terlihat sederhana, cantik dan rapih.  Dengan halaman yang begitu hijau, saung2 dari bambu dan kelas2 berbentuk rumah Sunda dan Jawa memberi kesan harmonis di sekolah ini. Sepertinya cocok kalau disebut “sekolah taman” karena emang cantik banget sekolahnya

Gedung kelas 4-6 SDPetugas TU yang menyambut saya di kantor pun menyapa saya dengan ramah. Kami berbincang-bincang sebentar dan berkeliling sekolah yang sebenernya di  beberapa area terasa sempit.

Dari sistem pendidikan sepertinya tidak ada yang istimewa di sekolah ini. Standar2 aja. Kurikulum diknas, berseragam SD (untuk TK tas dan peralatan makan/minum juga seragam, agak lebay sih), deretan bangku berbaris dan berjajar menghadap papan tulis, ruang kelas yang kecil bahkan cenderung sempit untuk ukuran kelas 4-6 SD, metode sentra untuk TK. Kecuali di pojokan terdapat lahan ternak dan kelinci. Tapi memang suasana dan keramahan guru membuat suasana belajar di sini terasa hangat dan menyenangkan. Belum lagi harganya yang memang relatif miring. Gak heran Hasbi masuk waiting list no. 4 di sekolah ini. Yaaaahhh…..  Masalahnya untuk TK mereka memiliki 2 kelas paralel, alias 2 kelas TK A dan 2 kelas TK B masing-masing dengan 15 anak. Sementara untuk SD hanya menerima 20 anak dalam 1 kelas. Tahun lalu mereka tidak menerima murid baru dari luar, karena semuanya berasal dari TK Firdaus Percikan Iman

Wah, kayaknya wassalam deh sekolah di sini

Berikut daftar harganya:

PLAY GROUP (Usia 4-5thn, Senin-Jumat jam 8.00 – 11.30)

Uang pangkal 1 tahun pendidikan : Rp. 2.750.000

Uang pangkal 2 tahun pendidkkan : Rp. 4.750.000

Biaya perlengkapan (seragam, tas dll) : 775.000

Biaya pendaftaran : Rp. 200.000

Biaya Program : Rp. 800.000

SPP : Rp. 325.000

Total: Rp. 4.545.000 (1thn) atau Rp. 6.525.000 (2thn)

SD (Senin – Jumat jam 7.30 – 14.00)

Infak Pengembangan : Rp. 8.500.000

Biaya seragam 5 stel : Rp. 750.000

Biaya formulir : Rp. 150.000

Biaya pendaftaran : Rp. 350.000

Biaya program Rp. 1.200.000

SPP Rp. 475.000

Total Rp. 10.950.000

Oiya, sekolah ini banyak memberdayakan pihak ketiga, seperti sarana antar jemput oleh salah satu orang tua untuk siswa-siswa di sini, kantin yang dikelola oleh salah satu orang tua yang lain dan catering makan siang oleh orang tua lainnya

Alamat:

Taman Pendidikan Firdaus Percikan Iman

Jln. Bukir Firdaus No. 9

Komp. Geger Kalong Permai – Bandung

Telp. 022-70799019, atau 0821-20009692 (Ibu Rully)

Advertisements

Responses

  1. klo menurut bunda arlina sd taman firdaus ini scr kseluruhan gmn bgs ga? soalnya sy bln pernah survey sd nya dulu blm ada br tk aja…kurikulumnya gmn? msh konvensional atau udh kyk skc,cendekia,semipalar…apa yg bikin bunda arlina tertarik/ ga tertarik dsekolah ini…makasih infonya yah…

    Like

    • Plusnya: suasana nyaman dan kekeluargaan, ijoooooooo banget, guru ramah, space outdoor cukup luas, murah (banged!), 1 angkatan 1 kelas, seminar parenting cukup rutin, nama besar Yayasan Percikan Iman cukup membuat percaya kalau sekolah ini bukan ala kadarnya saja

      Minusnya: Ruang kelas agak sempit, polanya masih duduk berjajar ngadep papan tulis. Tapi kayaknya bukan tipe yg hrs duduk diam dengar, karena guru dan anak2 cukup bebas berjalan2 di dalam kelas. Ini baru bisa keliatan nanti kalau trial

      Ini udah saya coret dari daftar saya sih, secara jauh banget dan probability untuk dapet space sepertinya kecil

      Like

      • Oiya minusnya lagi, tiap hari pake seragam

        Like

  2. Anak saya yang pertama sekolah di sini, sejak TK. Sekarang sudah kelas 4. Dulu saya sempat menawarkan beberapa sekolah pada dia. Tapi akhirnya dia sendiri memilih sekolah ini. ‘Aku mau sekolah yang di gunung!’ Mungkin karena memang lokasinya di Geger Kalong Tonggoh, hijau dan memang Gunung Tangkuban Parahu terlihat di belakang sekolah ini.

    Gurunya ramah dan baik-baik (terlalu baik kalau kata anak saya sih). Jarang ngasih PR, dan cenderung tidak memaksakan kurikulum ke anak. Anak dibiarkan tumbuh dengan karakter dan kelebihan masing-masing. Nah, karena sekolahnya kecil, rasio guru dan muridnya mantap. Murid : Guru = 15:1 (plus kadang masih suka ada tambahan asisten guru).

    Anak kelas I dan II, enggak sekolah di dalam gedung tinggi itu. Mereka dapat kelas semi terbuka yang terletak di sebelah timur bangunan utama. Mereka menyebutnya sebagai kelas ‘Kiara’. Kelas Kiara sengaja digunakan oleh anak-anak Kelas I dan II, karena dianggap anak yang baru masuk SD ini masih peralihan dari TK, jadi gak baik kalau dikurung dalam kelas beton.

    Kepala Divisi Pendidikan-nya adalah Bu Eva, lulusan Arsitek ITB. Jadi sifat estetik dia mewarnai infrastruktur dan kurikulum. Kepala sekolahnya, Bu Riska, lulusan UPI. Dulunya Bu Riska ini guru TK, jadinya perhatian banget sama anak-anak.

    Tapi namanya sekolah gak ada yang sempurna. Beberapa orang menganggapnya jauh. Kalau dari rumah saya di sekitar Jl Suriasumantri sih, cuman 10-15 menit naik motor (pulangnya dia naik ojek yg disediakan sekolah). Kadang anak saya juga suka bilang, kalau di sekolahnya itu, anak nakal jarang dihukum keras, jadi keenakan … *anak saya badannya kecil, jadi dulu suka dibully. Tapi enaknya di sekolah kecil dengan pendidikan modern kayak gini adalah, kalau kita ada uneg-uneg bisa langsung telepon kepala sekolah dan komplain. Dijamin besoknya kepala sekolah langsung layani dan masalah bisa diperbaiki.

    Like

    • Tengkyu ben, atas komennya…

      Overall ini sekolah emang paling perfecto, tempat nyaman, guru ramah, kualitas pendidikan ok, harga murah. Gw sampe mo cari kontrakan seputaran sini aja biar Hasbi bs sekolah sini. Tapi berhubung jumlah murid TK B lebih byk drpd murid kelas 1, dan thn lalu mereka tidak terima murid baru dari luar, dan Hasbi waiting list ke-4, ya kayaknya bye bye deh….

      Like

  3. SMS dari ibu Rully: “wassalamualaikum. pendaftaran SD firdaus Percikan Iman untuk external dibuka tanggal 10-20 februari. info: TA 2014 kuota terakhir yg tersia 5 org dari 24 siswa. untuk SD ga ada triallnya bunda. daftarnya tetap d glombang 2 tanggal 10-20 februari setelah penyerahan formulir masuk k proses screning data oleh psikolog lalu pengumuman penerimaan siswa baru. ”

    Jadi apa gunanya Hasbi waiting list ya? Trus gmn gw tau Hasbi cocok di sekolah ini atau ga, kalau ga ada trial?

    Like

  4. Halo mba, salam kenal. Kebetulan saya juga sedang mempertimbangkan anak masuk sini. Cuma belum survey nih.. Sekarang anaknya masih 5,5 th, jd bisa masuk sd atau tk dulu aja. Mba rumahnya di Cigadung, kenapa ga coba di rumah bermain padi? Sudah survey kah ke sana? Kalau sudah, ditunggu juga reviewnya ya.. Trims ya.
    #btw, saya pernah survey juga ke sekolah alam bandung dan skc, dan ternyata apa yang saya rasakan mirip-mirip banget dengan pengalaman mba 😉

    Like

    • Anak saya yg kedua cuma bertahan setahun di sana, akhirnya memilih keluar

      Like

  5. Oiya, kata Ben Wirawan ini alamat facebook SD Firdaus https://www.facebook.com/tamanfirdaus.percikaniman

    Like

  6. Mba aku lagi nyari2 sekolah alam neh tapi yg murah kualitas bagus sekitar cimahi.klo aku liat biaya SD firdaus ampun mahal banget ya untuk sekelas saya.ada info lain ga selain SD firdaus?

    Catatan:murah+bagus

    Like

    • Definisi mahal apa dulu nih? In terms of rupiah atau value for money? Dalam hal value for money sih, sd firdaus ini udah murah banget.

      Ada harga ada rupa lah …. Utk pendidikan model holistik begini, sekolah perlu investasi banyak dalam hal mendidik guru2nya … Jd kalo mo cari yg lebih murah dari itu saya ga tau ya

      Kalo di depok saya tau,spp cuma 5% dari gaji ortu. Sayang di depok ya 🙂

      Like

  7. assalamualaikum, mba arlina bgmn akhirnya hasbi masuk sd mana?

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: