Posted by: lilyardas | October 9, 2013

SD Cendekia Leadership

CLLewat sekolah ini sebenernya sudah lama, langsung ilfill lihat bangunannya yang juga ga ada indah2nya. Bangunan ala SD Inpres dengan warna kuning dan biru kinclong, menurut Montessori akan bisa membuat anak stress karena pressure dari warna. Apalagi denger2 biaya masuknya 21 jutaan. Whaaaatttt??? Sekolah kayak gini pantesnya uang pangkal 8jt, pikir saya. Di Jakarta sekolah 21jt itu sudah sekolah2 mewah, gedung mentereng dan fasilitas keren

Tapi berhubung abis kecewa liat Sekolah Alam, saya mampir juga di sekolahan yang cuma punya 1 lapangan futsal dan 1 playground TK ini. Apalagi Bunda Julia dari Rumah Bermain Padi sempat merekomendasikan kualitas guru di sini

Begitu menjejakkan kaki ke dalam gedung, saya langsung disapa ramah dan tulus oleh seorang ibu2 usia 30-an akhir yang sedang berjalan membawa teko air. “Selamat siang bu, ada yang bisa saya bantu? Sebentar ya saya taruh minumannya dulu di sana” Ketika kembali, pancaran wajah hangat, optimis dan ramah menyapa saya “Ibu mau saya jelaskan tentang konsep sekolahnya atau administrasinya?” Saya minta dijelaskan secara keseluruhan. Si ibu tersebut langung mengajak saya tour keliling sekolah, menjelaskan konsep project based learning, pendidikan karakter, sekolah tanpa seragam, pelajaran bahasa inggris, konsep pembelajaran tematik dll dll. Melihat keramahan dan penguasaan informasi beliau yang luar biasa, saya jadi menanyakan siapakah beliau. Dan saya melongo waktu dia bilang dia guru kelas 6 SD. Wah? Saya langsung ingat teman saya bilang, “Marketingnya sekolahan itu harusnya ya gurunya, bukan departemen marketing, karena yang dijual kan salah satunya adalah kualitas guru.”

Gak lama saya minta ijin mengantarkan Kafa untuk ke kamar mandi. Sayangnya WC di sini tidak child friendly,alias ukuran orang dewasa. Sehingga saya terpaksa membantu Kafa untuk naik duduk di WC

Keluar dari WC, saya liat suami sedang bicara dengan seorang pegawai laki-laki yang ternyata bagian General Affairs-nya.  Ibu2 tadi sudah kembali ke kelas untuk persiapan mengajar. Beliau menjelaskan bahwa sekolah ini tidak ada ujian, tidak ada rangking dan tidak ada nilai. Wow, konsep Montessori sekaleeee…. Settingan kelas ala CBSA, alias tidak ada kursi berjejer berbaris menghadap ke depan papan tulis, melainkan settingan berkelompok dan anak2 bebas bergerak ke sana kemari. Sempat saya tanya tentang kondisi ruang kelas dan sekolah yang kinclong sangat, apalagi kantinnya. Menurut bapak GA tsb, gedung ini baru dicat. Heuuu, mbok ya dengan uang sekolah segitu sewa desainer kek untuk pemilihan warna dan nuansa sekolah 😦

cl2Mereka tidak menggunakan buku diknas, tema disesuaikan dengan kondisi anak pada tahun tersebut. Persiapan UN hanya dilakukan ketika kelas 6 saja. Di kelas, tiap anak akan punya 2 kotak kerja “finished work” dan “unfisihed work. Anak diharapkan berinisiatif untuk mengerjakan kerjaanya sendiri tanpa disuruh. Another wow! Tiap bulan anak akan mengerjakan project berkelompok dan wajib dipresentasikan di depan orang tua di akhir term, dan itulah raportnya, dan ini berlaku sejak level TK-B. Untuk level PG/TK, sekolah tidak mematok baku usianya, tergantung kematangan si anak. Jadi bisa aja usia 4thn ada yang sudah masuk TKA ada yang masih di PG

Sempat saya lihat kelas komputer untuk kelas 6 SD dan kelas bahasa Inggris (native speaker) untuk kelas 4 SD. Terlihat anak2 belajar dengan fun, walaupun itu jam 2 siang. Di tengah perjalanan touring, Kafa sempat ngadat meraung2 di lantai (laper ngkali), seorang guru yang lewat sempat berhenti dan menyapa membujuk Kafa dengan ramah. Another wow!

Saya tertarik melihat anak-anak usia SD berkeliaran di ruangan TK. Ternyata itu adalah anak2 “magang” yang bertugas untuk belajar mengasuh adik2 TK. Kembali lagi ini bukan wajib, tapi pilihan. Usia SMP mereka wajib magang di dunia kerja. Another wow! Tapi tampaknya SMP sekolah ini kurang begitu laku, secara kelas 7-9 rata2 hanya terisi kurang dari 10 siswa.

Tidak banyak ekskul di sini, hanya berenang (wajib) dan perisai diri dan tari (pilihan). Fasilitas olah raga pun ala kadarnya, lebih banyak menggunakan jalanan untuk kebutuhan olah raga. Buset, itu uang pangkal 21 juta pada lari kemana ya? Jangan2 KPR mereka di bank, rentang waktunya pendek nih

Berikut biaya 2013:

  • Uang pangkal : Rp. 21.285.000
  • Uang seragam : Rp 680.000
  • Uang tahunan : Rp. 4.125.000
  • SPP bulanan : Rp. 1.070.000
  • Total : Rp. 27.160.000 *pengsan*

Biaya sudah termasuk:

  • Makan siang
  • Perlengkapan dan biaya KBM
  • Ekskul
  • SPP akan mengalami kenaikan per 3 tahun
  • Uang kegiatan akan mengalami kenaikan per 2 tahun

Alamat: Jl. Ligar Taqwa no 2 Bandung, telp 022-2516778

Googling di web tentang cendikia, nemu foto satu ini… Another wow!

cl3

Responses

  1. Menurut saya pribadi, sekolah full day kurang manusiawi terhadap guru. Seperti di Cendekia, anak masuk jam 8-15.30, guru masuk jam 7-16. Lah kapan persiapan ngajarnya? Lembur di rumah dong? No wonder di Cendekia dekorasi dan hasil ketrampilan agak ala kadarnya

    Like

  2. Ada negative story juga dari teman tentang Cendekia, yaitu ada anak yang baru terdeteksi disleksia di jenjang kelas 6 SD. Padahal Cendekia memiliki Psikolog, tapi kok ga bisa tau kalau si anak disleksia. Mungkin disleksia-nya mild, soalnya aneh aja kalo sampe kelas 6 SD ga bisa baca kok gurunya ga aware. Itulah yang membuat saya mewajibkan deteksi tumbuh kembang diwajibkan di Bintang Waktu Islamic Preschool & Daycare, karena ABK yang mild ini tidak mungkin dideteksi oleh guru dan dalam keseharian

    Like

  3. Informasi dari bagian admin:

    Di CLS ada 2 jenis ekskul:
    1. Ekskul wajibnya Berenang untuk kelas 1-6, dan Tari kelas 1-3
    2. Ekskul pilihannya adalah Basket, Sepak bola, Silat Perisai Diri, Menggambar

    Like

  4. menarik banget! tapi begitu ngeliat biayanya langsung mengkeret.. hehehehe.. ciuuutttt…

    Like

    • Sd-nya masih 1-2thn lg kan? Ayo nabung hehehe

      Like

  5. Mba .. makasih ya infonyaa…. menarik bgt beneran , tapi bener kata mba pipit.. liat biayanya mengkeret trus ikutan pingsan mba.. hihihi…

    Like

    • siram air seember biar bangun lagi 😀

      Like

  6. […] Info tentang harga, saya simpan di sini https://lilyardas.wordpress.com/2013/10/09/sd-cendikia-leadership/ […]

    Like

  7. Mau tanya, apakah sekolah ini yg skrg namanya Bintang cendekia?
    Kebetulan saya dr depok, lg mau cari sekolah utk anak saya yg mau masuk SD. Adakah sekolah lain yg bisa jadi pembanding,,, tentunya jangan as- shofa,,,, hehehe… kemahalan

    Like

    • Nama sekolahnya sesuai judul, mba.

      Like


Leave a Reply

Categories

