Posted by: lilyardas | May 10, 2012

One Minute Manager

Buku One Minute Manager adalah buku best seller kuno yang masih saja relevan pada jaman ini. 3 pelajaran sederhanya yang bisa dipakai sebagai awal buat siapapun yang beru mulai menjadi “manager”, atau supervisor, kepala cabang, kepala bidang, direktur, atau siapapun yang membawahi orang lain.

 

One Minute Goal Setting: Penting kita punya kesamaan harapan dalam membimbing anak buah kita, apa yang harus dicapai hari ini atau minggu ini atau bulan ini? Bila anak buah kita tau dengan jelas apa yang diharapkan tercapai maka lebih besar kemungkinan dia akan secara sepenuh hati mengejar hal itu. Tergantung tingkat masing2 goal setting bisa saja per bulan, per tiga bulan, atau per tahun.

One Minute Praising: Kita harus memuji anak buah kita bila dia melalukan sesuatu yang baik dan benar. Yang kita puji seharusnya adalah upaya dan tindakannya dalam melakukan itu. Karena upaya dan tindakan lah yang dapat dikendalikan olehnya. Semua pujia harus lah segera ketika anda melihat hal itu, dan sebaiknya dilihat orang lain, untuk memotivasi yang lain juga, dan memberikan semangat untuk dimasa mendatang lebih baik lagi.

One Minute Reprimand: Peneguran atas kesalahan harus segera dilakukan ketika kesalahan itu terjadi, dan peneguran tidak boleh kepada individunya ( Kamu bodoh benar!), tetapi kepada upayanya (Kamu kurang teliti dalam mencatat), dan disertai pemotivasian untuk perbaikan dan keyakinan dia bisa ( Saya yakin kalau anda lebih teliti tidak akan terjadi lagi kesalahan yang merugikan perusahaan ini).

Dalam One minute goal setting, setiap anak buah harus bisa menjelaskan targetnya dalam waktu satu menit: apa, kapan dan bagaimana yang harus dia capai dalam pekerjaannya. Sedangkan dalam One Minute Prasing dan One Minute Reprimand, kita cukup memuji atau menegur hanya dalam satu menit saja.

Buku best seller ini masih merupakan buku menarik yang sangat mudah dimengerti dan aplikatip sekali. 3 hal yang sederhana ini bila dilakukan dengan konsisten dan jujur dan tulus, akan membuat kemampuan kepemimpinan anda menjadi jauh lebih baik. Selamat memimpin!

*Tanadi Santoso. (Re-post)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: