Posted by: lilyardas | August 27, 2009

TPA Wahana Bina Balita (RSPAD)

Alamat:

Jl.  Abdurrahman Saleh No. 24, Senen

Telp. 3840702 ext. ??

  • Waktu operational:  Senin – Jumat jam 7.00 –  15.00. Sabtu-Minggu tutup, kecuali sesuai perjanjian
  • Biaya  pendaftaran : Rp. 125.000
  • Biaya bulanan : Rp. 150.000/bulan (pegawai RSPAD),  Rp. 200.000 (PNS), Rp.300.000 (karyawan swasta)
  • Bila hanya datang sesekali, biayanya Rp. 20.000/per hari
  • Biaya keterlambatan jemput:  Rp. 5.000/jam (sampai dengan jam 18.00) dan Rp. 10.000/jam (setelah jam 18.00)
  • Bila membutuhkan menitipkan anak di hari Sabtu dan Minggu, harus berdasarkan perjanjian, dengan biaya Rp. 50.000 (pegawai RSPAD) dan Rp. 100.000 (non-pegawai RSPAD) dan biaya keterlambatan jemput di atas jam 15.00 tetap berlaku.
  • Terbuka bagi anak usia 3 bulan sampai 5 tahun. Terbagi menjadi 2 kelas: 3 bulan – 2 tahun (lantai bawah) dan 2-5 tahun (lantai atas)
  • Fasilitas: ruang tidur, ruang makan/belajar, loker, makan siang. Untuk bayi, umumnya makanan dibawa sendiri dari rumah, untuk menghindari alergi etc.

Karena mengikuti jam kerja pegawai RSPAD, maka TPA ini relatif cepat tutupnya. Tapi berhubung cukup banyak karyawan swasta yang menitipkan anak di sini, dibuka fasilitas telat jemput dengan membayar upah lembur bagi penjaganya.

Sepintas, TPA satu ini agak ala kadarnya. Terutama untuk bayi usia 3 bulan – 2 tahun.  Ruangannya hanya 1 ruangan yang ditutupi wall-to-wall matras. Mo makan, main, bobok, ya di situ semua. Mereka pun tidak terlalu strict membatasi jumlah anak yang dititipkan di sini. Dengan pengasuh yang hanya 5 orang, bayi yang datang bisa 15-22 orang. Walhasil terkadang terjadi “SOS calling” ke pengasuh lantai 2, atau bahkan juru masak. Otherwise, anak-anak yang nangis bersamaan harus ada yang “dikorbankan” menangis guling2an, menunggu antrian  untuk diurus. Tidak ada kegiatan reguler bermain, stimulasi motorik kasar/halus atau bernyanyi untuk kelas ini. Semuanya hanya spontan dari para pengasuh.

Untuk lantai atas, umumnya lebih terkendali. Aktifitas seperti bernyanyi dan bermain lebih terarah, seperti layaknya Kelompok Bermain. Anak2 pun memiliki meja makan dan ruang tidur yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Kelebihan dari TPA ini adalah fleksibilitas waktu dari TPA dan pengasuh-pengasuhnya yang relatif hangat dan friendly. Kekurangannya adalah lokasinya yang di rumah sakit, dimana antibiotik dan kuman penyakit banyak berkeliaran. TPA ini pun agak2 gak masalah dengan anak sakit batuk-pilek, silakan masuk , tapi resiko ketularan ya tanggung sendiri

Advertisements

Responses

  1. mba lili mau tolong recomented tpa daerah jakarta utara pluit apa ya

    Like

    • Waduh, saya ga pernah main2 ke daerah sana bu, maaf

      Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: