Posted by: lilyardas | June 4, 2008

Telkomsel Flash

Sejak dulu niat mo pasang internet di rumah. Sohib gue nyaranin pake IM2. Dia bayar 350ribu per bulan untuk kontrak 18 bulan dan free modem. Dapetnya 1,2G. Wah gede bener saya pikir. Kayaknya gak perlu ampe segitu bener deh. Lagian bisnis internet sedang berkembang, jadi pastinya rentang waktu 18 bulang, pasti banyak kompetitor yang muncul dengan harga lebih murah

 

And muncullah si Telkomsel Flash, dengan paket 12 bulan, free modem, 500MB, 250ribu perak. Nah ini lumayan, 500MB cukup buat gue. Mengingat kredibilitas Telkomsel di bidang persinyalan teleponnya yang oke banged, akhirnya saya milih Telkomsel Flash. Tapi rada curiga juga dengan salah satu pasal perjanjiannya yang menyebutkan bahwa Telkomsel Flash tidak menjamin kestabilan sinyalnya dan tidak dapat dituntut atau memutuskan kontrak dengan alasan kualitas sinyal yang gak bagus

 

Setelah perjuangan panjang pasang Telkomsel Flash (baca : Lucunya CS Telkomsel), ternyata Telkomsel Flash tak sesuai dengan harapan.

·         Sinyalnya di rumahku buruk, gak ada jaringan 3,5G-nya, jadi cuma dapet GPRS yang gak stabil dan kadang2 turun ke GSM. Kalo dah sampe GSM gini sih, gue gak bisa buka internet sama sekali

·         Rincian pemakaian (untuk yang volume based) gak bisa dilihat di web, maupun di Grapari Telkomsel. Jadi berapa volume yang sudah kita pake, harus dicatat sendiri secara manual. Konon katanya sih akan dibuat dalam waktu dekat. Tapi dekat itu ternyata sangat relatif, karena dah 3 bulan pake Telkomsel Flash, sampe sekarang masih belum ada juga informasinya

·         Belakangan gak cuma Telkomsel Flash, tapi HP Telkomsel pun sinyalnya putus2

 

Ternyata baru tau kalo di daerah rumah gue, yang paling bagus sinyalnya itu XL. Mo drop si Telkomsel Flash, susah juga, karena mereka membuat skema penalti yang cukup merugikan

 

Lebih garingnya lagi, setelah 1 bulan pasang Telkomsel Flash, si IM2 bikin paket yang sama persis dengan harga 51ribu lebih murah per bulannya. Sohib saya cuma komentar ”Makanya, pake IM2 aja….”

 

*misuh-misuh*

Responses

  1. hai salam kenal, klo saya kebolak tuh..
    udh 1 th lebih pake xl unlimited setelah perang tarif gila2an antar operator asli deh turun banget kualitasnya 😦
    yg dulunya dpt 3G skrng mateng di grps, pasti lemots :(, ini di jkt, klo pas di bandung boro2 dpt 3G , gprs aja mati putus mati putus bikin darah tinggi aja deh :D. per bulan ini udh putus hubungan ma si XL ini.
    kesimpulan sih emang kudu cek2 signal dilokasi kita, operator mana yg signalnya bagus, stabil dan dapet 3Gnya yaa 😀
    *masih hunting.. hunting nih*

    Like

  2. Salam kenal mba.. aku (pekerjasdm) member PRD. :). BTW, sekedar saran aja memang kalau langganan internetan kudu cari info BTS terdekat dengan sinyal kuat tuh ada dimana… kebeneran ditempat ku Pondok Gede..sinyal telkomsel flashnya cukup kuat… dengan langganan yang basic aja dan koneksi dengan nokia (jadul) 6110 dan itu pun pake infra red..masih bisa browsing dengan cepat… tapi memang kadang2 lelet juga sih.

    Sekarang ada paket unlimitednya juga loh.. di telkosel flash. 100rb unlimited.. ga becanda nih…!!!.

    Lebih enak lagi kalau pake first media murah dan cepat, tapi belum masuk ke daerah ku.. masih pinggiran

    salam

    Mutiara Kata

    Like

  3. Hohoho… tentunya saya tau dengan anda, pak pekerjasdm, dicari ama risyadmum tuh pas KDR kemaren…

    Iya nih, setelah pasang telkomsel flash, baru ketemu artikel gimana caranya pilih jaringan internet

    first media belum masuk di areaku, soale biar kata rumah tengah kota bukan pinggiran, areaku bukan area yang prospektif buat mereka hehehe…

    Like

  4. walaupun suami gue selalu bilang jangan menghujat, tapi apa daya, gue mo bilang Telkomsel PAYAH!!….

    Semakin ke sini sinyal dan speed-nya makin parah. Gue pikir emang area gue aja yang sinyalnya semakin buruk. Ternyata dibawa ke Sudirman dan ke Bandung, tetap aja payah. Basi banget kan, punya internet di rumah tapi tetap harus ke warnet?

    Besok2 gue mo ke Grapari buat nutup Telkomsel Flash. Kalo gak salah ada penalti-nya, kita lihat besok apa kata mereka. Seorang teman bilang, kontrak yang dibuat Telkomsel adalah cacat hukum, karena bernilai sepihak dan merugikan konsumen. Apa perlu dilaporkan ke YLKI?

    Like

  5. PERINGATAN PENTING!!!
    “JANGAN PAKE XL INTERNET 3G”
    Gue KETIPU asli gini nih kronologisnya:

    1. Gue beli XL internet 3G di Ratu Plaza (19/3/2009). Penjelasan penjualnya: Isi pulsanya pake pulsa XL biasa aja, isi 110rb.
    2. Gue anggap gue paham
    3. Cek manual sekilas, Ok ga ada yang istimewa, semua normal2 aja
    4. Pake sebulan Oke, koneksi ga cepet tapi juga gak lambat, cukup stabil.
    5. Gue isi pulsa via mobile banking permata 125rb (pecahan terkecil 25rb) sekitar tanggal 20an.
    6. Pake internet beberapa menit (paling lama 1 jam), habis itu dapet error message:
    “Maaf, layanan GPRS tidak tersedia. Silakan coba beberapa saat lagi dan pastikan pulsa Anda cukup”
    7. Gue komplain VIA TELEPON ke Penjualnya di Ratu Plaza. Katanya: Daftar dulu Pak pake XLDAY30.
    8. Coba lagi Kagak bisa juga.
    9. Tanggal 24 gue isi lagi 125rb dengan metoda yang sama.
    10. Coba internet bisa cuma beberapa menit sama seperti di atas, trus gagal lagi dengan error message yang sama!
    11. Belakangan gue baru tau yang dimaksud adalah harus daftar dulu dengan kode XLDAY30 BARU BISA UNLIMITED.

    Analisis cela kecurangan XL:
    1. Dalam manual TIDAK DISEBUT harus daftar dengan menggunakan XLDAY30 ataupun lainnya apalagi konsekuensinya.
    2. Penjual XL di Ratu Plaza tidak memberitahukan hal tersebut.
    3. Saya tahu dari CS XL via telepon, dan kalo via telepon siapa yang bisa bedain antara XLD30 atau XLDAY30? ini jebakan agar customer salah kode.
    4. Tanggal 25 pagi gue komplain ke CS XL, dia dengan enteng bilang, “Emang begitu aturannya, kalo ga daftar pake XLD30 tersebut, pulsa 125rb ya abis” padahal pemakaian hanya beberapa menit, ga sampe sejam.
    5. Gue bilang ini curang dan gue akan laporin ke YLKI atau surat pembaca. Dia bilang lagi dengan enteng, “silakan aja”.
    6. Ada indikasi bahwa XL dengan sengaja memanfaatkan kelengahan customer untuk mengeruk keuntungan.
    7. Ini baru satu yang ketahuan, gue ga tau ada hidden cost/trick atau tipu daya lain atau tidak, mungkin Kaskuser lain bisa share biar yang laen ga ngalamin ketololan gue nih
    8. Waspada Bro…
    BABI nih XL…

    Padahal gue dah 10 taonan jadi customer setia, setiap hp gue ilang ato nambah nomer, pasti pake XL.

    Like


Leave a Reply

Categories

