Posted by: lilyardas | July 2, 2007

Jul 1: Iolani Palace

Iolani Palace merupakan salah satu dari 3 istana yang ada di Hawaii, and merupakan istana utama yang dibangun oleh raja ke-7, King Kalakua Hawaii di tahun 1880an. Saya ke sini barengan Teguh dan rombongan dharma wanita-nya, 5 wanita Indonesia yang dari UH dan berjilbab semua… Ditambah saya, lengkap lah 6 emak2 yang kudu dikelonin sama Teguh.

Tiket masuk Iolani Palace ini US$ 20 sekali masuk. Tapi hari minggu pertama tiap bulannya, dibuka gratis bagi Kama Aina yang artinya mereka yang berstatus penduduk Hawaii. Di Hawaii ini memang banyak yang namanya Kama Aina price, at least diskon 20%, dimana kita tinggal nunjukin State ID, Driving License atau Student ID.

Berhubung tiket berlaku first-come-first-serve basis, kami kebagian tiket jam 11.30, which is in the next 1,5 hour. Waktu ini kami gunakan untuk melihat2 souvenir di souvenir shop-nya mereka dan pertunjukan video tentang sejarah istana ini. Dasar naluri wartawan ditambah mental Indonesia yang tukang ngebajak, Teguh diam2 merekam video 17 menit tersebut. Untuk kebutuhan menulis katanya..…

Jam 11.30 dianter tour guide di sana, muter2 deh kami kira2 1 jam di sana, di istana yang relatif mungil ini. Termasuk diantaranya cerita tentang Kerajaan Hawaii di jaman lalu. Oiya, untuk masuk ke istana ini, kita wajib pake sepatu khusus, biar lantai istana gak kotor and baret2.

The Kingdom
King Kamehameha I adalah yang diakui sebagai raja pertama di Kerajaan Hawaii. Menurut dosen sejarah University of Hawaii yang ngobrol dengan Teguh di pesawat, sebenernya King Kamehameha I ini adalah ”raja boneka” yang didukung gila2an oleh Amerika. Rupanya sudah sejak jaman dahulu kala, Amerika sudah ingin memiliki kekuasaan di Hawaii. Tahun 1795, dengan dukungan dari Amerika ini lah, King Kamehameha yang berkedudukan di Honolulu, melalui proses perundingan, menguasai kerajaan-kerajaan kecil di pulau2 lainnya, sehingga terbentuklah Kerajaan Hawaii.

Amerika mulai kelihatan ”tanduk”-nya ketika berusaha menawarkan annexation terhadap Hawaii. Tawaran ini ditolak mentah2 oleh Kamehameha IV, dan melanjutkan hubungannya dengan Inggris yang sudah dijalin oleh raja2 sebelumnya. Karena kedekatan Kerajaan Hawaii dengan Inggris ini, bendera Union Jack, merupakan bagian dari bendera Kerajaan Hawaii. Ini yang rada2 aneh menurut saya, secara biasanya yang mengadopsi bendera Union Jack adalah negara2 Commonwealth alias jajahan Inggris.

Migrasi orang-orang Asia ke Hawaii dimulai sejak pemerintahan King Kamehameha V. Cucu dari Kamehameha I ini melakukan kesepakatan kerja sama dengan Jepang, untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang Jepang untuk bekerja sebagai buruh di ladang tebu di Hawaii. Gula merupakan industri utama di Hawaii pada saat itu. Proses imigrasi terus berlangsung dengan juga mengundang orang2 dari Filipina dan Vietnam. Gak heran makanya, walaupun tidak mendominasi, keturunan Jepang, keturunan Filipina dan keturuna Vietnam, paling banyak ditemui di Hawaii, selain waga kulit putih sendiri.

Dinasti Kamehameha berakhir di tahun 1872, setelah King Kamehameha V wafat. Raja yang satu ini tidak pernah menikah. Dia meninggal sebelum sempat mempersiapkan raja/ratu pengganti.

Sejak saat itu, raja diangkat dan dipilih oleh rakyat.

The Palace
Iolani Palace dibangun pada tahun 1882, oleh raja ke-7, King Kalakua, sebagai aktualisasi kerajaan Hawaii kepada dunia. Istana yang tidak lebih besar dari pada Istana Bogor ini, dibangun dengan menggunakan bahan2 bangunan terbaik, seperti kayu dari Hawaii, ukiran dari Prancis, patung dari Yunani, kristal dari Cina dan sebagainya. Di istana mungil ini, raja tinggal, memerintah dan menjamu tamu2nya. Raja ini ternyata doyan pesta. Kalau dia bikin pesta, jangan harap tamunya bisa pulang setelah makan malam, karena pesta dansa akan berlanjut sampe subuh.

Raja ini adalah raja pertama yang berkunjung ke US, dalam upayanya mengimpor gula bebas pajak ke US. Salah satu kunjugannya ke US, juga dalam rangka penyembuhan penyakitnya. Sayang, dalam perjalanannnya, raja ini wafat di San Fransisco.

The succession and the overthrowed
King Kalakua diganti oleh Queen Lili’uokalani. Ratu ini mengeluarkan konstitusi untuk mengembalikan kekuasaan kepada kerajaan dan juga warga asli Hawaii. Konstitusi barunya ini ditentang oleh Committe of Safety, yang terdiri dari orang2 kelahiran Hawaii tapi berorang tua Amerika, orang2 yang mendapatkan naturalisasi Hawaii dan pendatang lainnya. Umumnya mereka berasal dari businessman dan pemilik ladang tebu. Mereka gak mau kekuasaan kerajaan mengambil alih kekuasaan bisnis mereka.

Dengan bantuan Amerika, kelompok ini berusaha menjatuhkan Queen Lili`uokalani dan meruntuhkan kerajaan Hawaii. Tujuan mereka adalah membentuk Pemerintaan Provinsi dibawah Amerika Serikat. Untuk mencegah terjadinya pertumpahan darah, Queen Lili`uokalani menyerahkan kekuasaannya kepada diplomat Amerika yang berkedudukan di Hawaii, John L. Stevens, yang telah memanggil pasukan bersenjata Amerika ke Hawaii, dan telah menyatakan dukungannya atas pembentukan pemerintahan provinsi ini.

Sejak saat itu, kerajaan Hawaii resmi dihancurkan.

Mendengar penuturan ini, saya geleng2 kepala, atas kebejatan Amerika. Secara terang2an museum ini menggambarkan kalau Amerika memang sudah memiliki minat terhadap Pearl Harbor sejak lama.

The imprisonment
Tahun 1895, seorang bangsawan Hawaii keturunan Amerika, melakukan pemberontakan terhadap pembentukan pemerintahan provinsi ini. Pemberontakan ini dengan mudah dibasmi oleh Amerika. Queen Lili`uokalani dituduh sebagai biang keladi pemberontakan ini.

Walaupun Queen Lili`uokalani menolak dengan keras tuduhan tersebut, ratu terakhir kerajaan Hawaii ini diadili di istananya sendiri dan dijatuhi hukuman 5 tahun penjara dan kerja fisik, serta denda USD 5,000. Dia juga dipaksa untuk menandatangani dokumen pengunduran diri dan menyerah terhadap penguasa. Hukuman Queen Lili`uokalani diubah menjadi tahanan rumah di salah satu kamar di Iolani Palace

Mendengar penuturan ini, saya jadi ingat perlakuan Amerika yang mempermalukan Saddam Hussein di Irak. Rupanya pengambilalihan kekuasaan dan mempermalukan penguasa negara orang, sudah pernah dipraktekkan Amerika sejak dulu kala. Wah, jangan2, Amerika pengen Irak jadi negara bagian mereka yang ke-51. Hehehe…

Atas perlakuan Amerika yang menghancurkan kerajaan Hawaii dan upaya mereka mempermalukan Queen Lili`uokalani, pada tahun 1993, Presiden Clinton menandatangani Congressional Resolution, yang menyatakan pemerintah Amerika Serikat menyampaikan permohonan maaf kepada warga asli Hawaii.

Advertisements

Responses

  1. Aloha

    Ini gua sampaikan karena kita pernah sama-sama nonton di Iolani Palace. Tadi aku bertemu seorang pemuda, well gak begitu muda. Penduduk asli Hawaii, masih ada hubungan darah dengan raja-raja Hawaii, Kamehameha. Dia masuk Islam tahun 2002 dan mengubah namanya jadi Abdul Samad. Dia punya temuan menarik tentang raja terakhir Kalakaua yang meninggal di San Fransisco.

    Menurut temuannya itu, Kalakaua dibunuh oleh kelompok freemasonsy, karena menerima Islam sebagai agama baru. Kalakaua, kata Abdul Samad, mengenal Islam ketika dia berangkat keliling dunia, termasuk ke Inggris bertemu dengan Ratu Victoria kala itu. Faktanya, kata Abdul Samad lagi, Kalakaua mengunjungi Malaysia dan Singapura tempo dulu, juga mengunjungi Mesir. Di kedua negara inilah dia mengenal Islam.

    Tapi idenya mengembangkan Islam di Hawaii jelas ditolak oleh kelompok freemansory. Ingat, Kalakaua adalah raja pertama Hawaii yang dipilih dalam pemilihan terbatas. Ddan kelompok yang memilihnya adalah freemansory. Aku baru ngeh, mengapa di istana Iolani banyak banget simbol2 dan regalia freemansory.

    Well, Kalakaua tak punya pilihan lain. Dia punya utang politik, tetapi di saat yang sama memiliki keyakinan baru. Sampai akhirnya dia tewas dengan misterius di San Francisco, dan mayatnya, seperti kita saksikan di filmya yang dingin itu, baru tiba seminggu kemudian di Hawaii.

    Adiknya, ratu Lili’uoalani yang menggantikannya kemudian, tak tahu menahu soal ini. Yang dia tahu hanya ada kelompok pengusaha kulit putih yang diback up tentara Amerika, yang hendak mengambil alih kerajaan. Suami ratu ini adalah juga freemansory. Well, istana Iolani dan Hawaii sejak lama jadi sarang freemasonry

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: