Posted by: lilyardas | May 19, 2007

Kelakuan orang Indonesia di Dubai

— In xxx@yahoogroups. com, Upay wrote:

Hi all!

Di dubai pembantu biasanya jelas pas datengnya. Banyak adegan lucu2 lah kalo naik Emirates atau Qatar Air, selalu ada yang saling mendoakan ‘semoga nanti kamu dapet majikan yang baik ya!’ .. trus foto2.. hehehe….

Di pesawat mereka brisiiik banget, kayak kita kalo study tour gitu… hiihii…. nyanyi2 lah, crita2 gosip kampung, ngomongin artis, trus suka ngajak2 kenalan… sok akrab tau2 kita diajak ngomong pake basa sunda/jawa… .. lucu2 dan lugu2..

Pas makan mereka suka minum wine, padahal pake2 jilbab…^_^ .. asal nunjuk menu aja, . mana minumnya bablas satu gelas kayak minum air … panas dah tu pasti lehernya… Abis gmana, mo dikasi tau dah telat

Dateng masi rapi2, satu dua ada yang batuk – pilek ga kuat AC di pesawat – bikin risi — tapi begitu udah lamaan disini banyak yang ga jelas nasibnya.

Kalo lagi main ke Kon Jen RI selalu ada lah mbak2 yang bermasalah. Dari kadar stress ringan dan masi bisa centil2an sampe yang stress berat trus pingsan2… ( tau tu diapain ama majikannya.. ..) – Pilihannya emang selalu gitu, centil ato udah agak gila. ..

Dan selalu ada kejadian ajaib, lagi ngantri di loket tau2 ada yang towel2 nanya2, ‘mbak, taun lahir di formulir yang asli ato sama seperti di passport ya?’ buset dah….. bikin passport aja mereka banyak yang palsuin tahun lahir biar bisa kerja….

Dan mereka bayar lho untuk bisa kerja jadi kuli gitu. Jual tanah ngutang sana sini, minimal 7 juta. Agen TKI di indonesia bener2 kurang ajar, meras orang miskin trus ga mau responsible. Kalo sampe ada kasus di pengadilan, mereka selalu ‘ngalah’ karena dapet duit dari claim.

TKI ga boleh pegang passport, jadi kalo ‘kabur’ ya jadi orang tanpa identitas.. biar punya duit ga bisa pulang.

(Kalo udah liat yg gitu, masi mau complain kalo di kantor over time ato stress2 biasa …? … )

Orang2 KonJen ada yang baik ada yang gila. Yang baik yg gw tau alumni Al Azhar Univ. Cairo, dia staff KBRI ‘tetap’ yang pengalamannya di Middle East/ gulf countries. Jadi dah biasa ketemu TKI dan ga norak kalo ngurus orang.

Yang bejat2 ya orang2 dari Jakarta yang keliling karena rotasi jabatan, kayaknya dia sendiri stress karena jadi diplomat tapi ga keren karena di Middle East, padahal jatah hidup dia ditanggung, dapet rumah segede gila, blanja emas trus, dan disini ga ada pajak.

Salah satu yang bejatnya parah banget, si Bapak A namanya, kalo dapet TKI bermasalah, dia malah suka kasi saran2 gila. ‘Dari pada kamu stress di’kerjain’ majikan, mending kamu jual diri aja, kan bisa dapet duit tambahan buat dikirim ke kampung’ Ini cerita nyata dan gw (sama temen gw) denger dari orangnya langsung – yang ngomong ini dengan belagu nya. ( ntar dia reinkarnasi jadi TKI sengsara baru rasa….. )

Itu cerita kelas bawah….Kelas atasnya lebih ‘OmyGod’ lagi…

Ibu2 yang suaminya bule, ato kerja di minyak… kerjanya arisaaaaan sambil pamer2 Jaguar baru. Gue pernah dateng sekali cuma buat iseng (dan ga ikut arisan yang ratusan dollar itu…. ) hadoooh…pussiiiin g..

‘Jeng2, saya mau jual apartment yang di Marina, soalnya viewnya ga terlalu jelas ke Palm Islands’
‘Anak saya baru masuk kindergarten di Mirdif, dia sekelas lho sama anaknya Sheik’
‘Bosen juga ni mobil, Z3 kayaknya udah murahan sekarang.. ‘
Waaa..! ….
‘Wa, bisa masak ya, cantik2 pinteeer…. ‘
Ocehan penuh sirik2an….

Dan baru2 ini untuk mengumpulkan dana korban banjir Jakarta, ibu2 itu menggelar peragaan busana…. kebaya2 pribadi.. modelnya ya mereka2 sendiri… hi hi hi….. Kok ada yang tamu yang mau bayar tiket nya…. tapi lumayan sih, dana arisan kenceng, dana amal juga gede…

Kalo arisan mereka ada session pertunjukan, ibu2 yang punya keahlian boleh bikin kelas. Kalo ini lumayan asik lah, bisa belajar gratis urusan2 perempuan, dari bikin kue, sampe nyalon.

Tapi ibu2 ini biar genjreng, kalo ketemu orang biasa tetep salah tebak. Pokoknya rugi lah jadi orang Indo di luar, tampang tidak menjual.

Mbak T, yang punya anak blasteran, sering ditanya ‘mbak, kasian amat hari minggu masih harus kerja jaga anak…. majikannya ga kasi libur ya ?’
‘eh, bayinya lucu… Mama nya mana?’
Tante L yang sama suaminya (kerja di minyak) sore2 suka berkebun, orang Sri Lanka lewat ‘ Wa, senang ya suami istri bisa kerja di satu rumah, majikannya baik sekali’ — padahal itu rumah mereka sendiri.. ^_^ …

Udah ya, gosipnya…. . gitu dulu aja. (Jangan ada yang tersinggung yaaaa…. gw cuma sharing lho..

-Uoay-

Advertisements

Responses

  1. aku paham banget dengan semua itu.tapi boleh bagi tau nggak kalo mau pergi sana untuk jumpa kawan boleh tak.soalnya aku ini sedikit ada bisnis.kayaknya bisa dikembangin di sana nggak.please kasih saran ya.ada TKI yg boleh masuk kerja di pabrik apa supermarket nggak

    Like

  2. wah.. lucu2.. ak sampe ngekek2 yang bagian akhirnya, apalagi sama baca ” majikannya mana” hi hi…
    tapi kesian jg sm tki2 yg bermasalah disana. salam dr kampung dah bu! salam kenal.:)

    Like

  3. Lucu sekaligus ngelus dada bacanya, Mbak. Thanks untuk sharingnya. Anyway, apa masih di Dubai? Saya baru pindah ke sini dan masih ngerasa ‘lost’ nih sampai browsing2 dan nemuin tulisan ini 🙂 Salam kenal!

    Like

    • saya ga tinggal di sana mba, ini cuma copas tulisan teman kampus di internal milis, pengalaman dia di dubai

      Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: