Posted by: lilyardas | April 9, 2007

Apr 07: Pearl Harbor Trip

Hari ini saya janjian sama Jas dan Raz untuk jalan-jalan ke Pearl Harbor. Kali ini pake mobilnya Raz. Makoto gak mau ikut, katanya dia udah pernah ke sana waktu remaja, dan sebagai orang Jepang, Pearl Harbor membuat perasaan dia tidak nyaman.

Perjalanan Hawaii-Kai ke Pearl Harbor memakan waktu lebih kurang 30 menit, tapi rasanya jauuuuhhh banget, berhubung Hawaii Kai ada di ujung timur Honolulu, sedangkan Pearl Harbor di ujung barat. Yah, Honolulu memang kecil, jadi kalau naik mobil 30 menit, rasanya udah jauh banget.

Kami sampai di sana jam 9 lewat, tapi ternyata, alamak… antriannya panjang banget. Setelah 15 menit muter-muter cari parkir gak dapet2, akhirnya kami memutuskan untuk menunda kunjuangan ke Pearl Harbor dan lanjut ke tujuan berikutnya, Flea Market di Aloha Stadium, kira-kira 5 menit dari Pearl Harbor.

Flea Market
Hampir di setiap kota yang saya kunjungi, flea market selalu menjadi salah satu tujuan utama saya. Maklumlah, biasanya flea market itu menjual barang2 dan souvenir yang murah meriah

Flea Market di Honolulu, dinamakan “Aloha Stadium Swap Meet” atau pusat tukar menukar di Aloha Stadium. Mereka buka tiap hari Rabu, Sabtu dan Minggu, mulai jam 6.30 – 15.00. Untuk masuk ke sana, kami harus membayar USD 1.00 per orang, tapi parkirnya gratis. Ini flea market yang terbesar yang pernah saya lihat. Pernah jogging keliling Stadium Senayan? Ya, sepanjang itu lah flea market di Aloha Stadium ini, memanjang di sisi luar stadion. Yang dijual macam2, mulai dari kerajinan tangan, perhiasan, souvenir, t-shirt, kaca mata hitam, koper, peralatan dapur etc. Tante Eyyy pasti kalap kalau belanja di sini. Mama Ani? Wah, pasti ikutan buka counter di sini hehehe….

Agak susah cari sesuatu yang khas di Hawaii ini, secara barang-barang mereka hampir mirip dengan barang-barang yang bisa kita temuin di Bali, bahkan beberapa baju di antaranya memang Made in Bali!

Lucunya di sini harganya gak negotiable, alias harga pas. Padahal biasanya yang judulnya flea market itu harga tawar-menawar. Saya sih seneng2 aja, secara saya emang paling gak demen sama yang namanya tawar-menawar ala Glodok. Harga di flea market ini umumnya dibundel. Beli 1 harganya USD 5.00 tapi kalo beli 3 jadi USD 12.00 dan seterusnya. Beruntung kami ketemu dengan penjual asal Malaysia, yang ternyata satu kampung halaman dengan Jas di Penang, jadinya dapet tambahan diskon deh heheheh…

Setelah 1 jam lebih kami muter-muter flea market, dengan Raz yang terseok-seok menemani “ibu2 belanja”, akhirnya kami menuju ke tujuan semula, Pearl Harbor

Pearl Harbor
Sebenernya kami agak-agak bingung, apa yang bakal kami temuin di Pearl Harbor ini.
Website yang kami buka, malah bikin tambah bingung, ada 4 website terpisah tentang Arizona Memorial Place, Battleship Missouri Memorial, USS Bowfin Submarine Museum & Park dan Pacific Aviation Museum. Keempat titik ini lah yang kami temukan di peta. Ketika sampai sana, mo belok ke kawasan Pearl Harbor pun kebablasan, karena tidak ada petunjuk arah dari arah Aloha Stadium (kalo dari arah downtown sih ada). Tidak adanya peta kawasan area benar2 membuat kami clueless. Pun pintu masuk untuk masing-masing area ini beda-beda, dengan food area segede gaban menghalangi pintu masuk USS Bowfin National Park.

Di tengah-tengah kebingungan dan gak jelas gate awalnya yang mana, kami memutuskan untuk mulai dari USS Arizona Visitor Center. Terpampang pengumuman “Learn more about the day that changed the world”… ehm, ok deh. Di sana kami di beri tiket gratis untuk menyaksikan video dokumenter 25 menit, tentang penyerangan Jepang ke Pearl Harbor. Kami dapet nomer urut 28, yang baru akan mulai 2 jam berikutnya (sehari ada 30 kali pemutaran film dokumenter, isinya sih sama semua, tapi yang nonton kan beda2). Untuk mengisi waktu, kami jalan2 ke arah USS Bowfin. Setelah celingak-celinguk sana sini, baru lah kami ngeh kalo ternyata cerita USS Arizona, USS Bowfin, USS Missouri dan Pacific Museum ini masih satu kesatuan cerita (maklumlah, kami bertiga gak ada yang tau sejarah Pearl Harbor secara detail).

Di USS Bowfin National Park ini kita bisa beli tiket untuk masuk ke USS Bowfin USD 10.00, USS Missouri USD 16.00, Pacific Aviation Museum USD 14.00 atau harga paket (sebagai bagian dari kebingungan kami, kami juga gak nemu area pemberangkatan trolley yang mengantar pengunjung ke USS Missouri dan Pacific Aviation di Ford Island, kami cuma lihat jembatan menuju Ford Island-nya aja). Saya sih pengen2 aja masuk USS Missouri, tapi ternyata Jas dan Raz menganggap harga USD 16.00 gak worthed (betenya setelah pulang, kita baru nemu kupon2 diskon termasuk diantaranya diskon USD 10.00 untuk tiket masuk USS Missouri. Ternyata di Honolulu ini kita emang harus rajin berburu kupon diskon, baik untuk tiket masuk atau untuk belanja apa pun)

Akhirnya kami kembali lagi ke USS Arizona menunggu antrian film dokumenter di ruang Teater. Di sana diceritakan tentang latar belakang terjadinya penyerangan di tanggal 7 Desember 1941, termasuk pengakuan kesalahan Amerika yang menganggap remeh Jepang tidak mungkin menyerang mereka, dan kesalahan dari pihak US Navy yang ketika kapal mine sweeper melaporkan adanya benda asing datang dengan kecepatan tinggi, mereka menjawab “It’s okay.” Tampaknya pada saat itu radar mereka memang tidak berfungsi dengan baik, sehingga kapal2 dan pesawat2 penyerang Jepang baru ketahuan, ketika mereka sudah dalam jarang pandang kasat mata.

Film dokumenter ini juga dilengkapi dengan dokumenter persiapan dari pihak Jepang, mulai dari meeting persiapan sampai pada saat pesawat penyerang lepas landas di jam 3 subuh. Terus terang, saya salut juga dengan Jepang, karena dokumenter bagian ini kan pasti di dapat dari pemerintah Jepang. Lucunya, informasi mengenai kelengahan Amerika ini tidak saya temui di buku2 dan brosur di Teater, semuanya hanya menekankan kepada betapa besar kerugian yang diderita oleh Amerika, dan betapa mereka kehilangan putra-putra terbaik mereka (Komentar Raz, “Yaaaa… namanya juga Amerika, paling jago deh ngemas sejarah jadi cerita”)

Dalam film tersebut, disebutkan, pada penyerangan tersebut, 21 kapal perang Amerika tenggelam/rusak, 323 pesawat hancur/rusak, lebih dari 2.000 personel tewas dan lebih dari 1.000 personel lainnya luka berat. Selain USS Arizona, USS Utah dan USS Oklahoma, kapal2 perang tersebut berhasil ditarik ke pantai beberapa hari kemudian. Sementara Jepang ‘hanya’ mengalami 103 pesawat hancur/rusak, 5 kapal perang tenggelam dan 64 orang tewas.

Setelah pemutaran film 25 menit, kami diajak untuk naik ke perahu boat, menuju bangkai kapal USS Arizona. Kapal perang ini adalah kapal perang terbesar pada saat penyerangan Pearl Harbor, dan juga memakan korban paling banyak. Hampir 50% personel US yang tewas, adalah yang tenggelam bersama USS Arizona.

Arizona Memorial Place, merupakan bangunan putih yang dibangun melintang di atas bangkai kapal USS Arizona yang tenggelam. Dari atas bangunan ini, kami bisa melihat struktur USS Arizona yang sudah karatan dan lumutan, tapi sampai sekarang, masih mengeluarkan bocoran minyak dari lambungnya. Di bangunan ini juga dituliskan nama-nama personel yang tewas dalam penyerangan December 7, 1941 tersebut, juga nama-nama veteran yang wafat sesudahnya.

Sayang kami gak masuk ke Missouri dan Bowfin. Padahal, kedua kapal yang selamat semasa penyerangan Pearl Harbor ini masih sempat bertugas di perang dunia, perang dingin, perang korea. Dek kapal Missouri juga menjadi serah terima kekalahan Jepang terhadap Amerika pada Perang Dunia II

Hmmm… jadi penasaran. Kapan2 pengen ke sana lagi ah, cari diskonan dulu buat masuk USS Missouri dan Pacific Aviation Museum 😀

Advertisements

Responses

  1. (Komentar Raz, “Yaaaa… namanya juga Amerika, paling jago deh ngemas sejarah jadi cerita”)
    Amerika ini kayaknya tidak pernah berbohong tentang sejarah, tapi seringkali tidak mengungkap semua cerita. Seperti kasus di Palestina headlines koran selalu ‘SEKIAN WARGA ISRAEL TEWAS’, padahal kalau dibaca detail atau dicek ke berita lain, 10 atau 20 kali lipat orang Palestina juga ikut meninggal.
    Paling males baca koran atau lihat berita lokal(amrik). ‘Cenderung’ semua. 😀

    Like

  2. ly.. oleh2 buat gue jangan dari flea market yah.. hahaha 😀 sapa lu??

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: