Posted by: lilyardas | August 27, 2009

TPA Harapan Ibu (Depsos)

Alamat:

Jl. Salemba Raya 28 Jakarta Pusat

Telp. 3103591 ext. 2223

Contact Person :  Ibu Ika

  • Waktu operational:  Senin – Jumat jam 8.00 –  15.45. Sabtu-Minggu tutup.
  • Biaya  pendaftaran : Rp. 50.000
  • Biaya bulanan : Rp. 200.000/bulan (pegawai Depsos),  Rp. 325.000 (non pegawai Depsos), untuk anak usia <1 tahun dikenakan biaya tambahan Rp. 100.000/bulan
  • Biaya keterlambatan jemput:  Rp. 15.000/hari (bila dijemput jam 16.00), Rp. 20.000/hari (bila dijemput jam 16.15), Rp. 25.000/hari (bila dijemput jam 16.30)
  • Terbuka bagi anak usia 7 bulan sampai 6 tahun. Terbagi menjadi 3 kelas: <2 tahun (kapasitas 10 orang); 2-3,5 tahun (kapasitas 20 orang)dan >3,5 tahun (kapasitas 20 orang).
  • Fasilitas: ruang tidur, ruang makan, ruang belajar, area bermain dalam ruang yang luas, makan pagi, buah pagi, makan siang, outdoor activities, outbond activities, poliklinik (gabung dengan poliklinik Depsos), pemeriksaan kesehatan sebulan sekali
  • Jumlah pengasuh untuk tiap-tiap kelas sekitar 5-6 orang.  Semuanya berstatus PNS.

TPA ini bukan hanya sekedar tempat menitipkan anak, tapi juga mendukung stimulasi perkembangan motorik kasar, motorik halus dan seni anak untuk setiap kelasnya. Tamat dari TPA ini, anak bisa langsung diterima di SD, karena kegiatan Calistung juga diajarkan di sini. Kegiatan belajar/bermain dilakukan pagi hari setelah sarapan dan siang hari setelah makan siang

Kesulitan dari menitipkan anak di sini tentunya masalah waktu yang mengikuti jam kerja pegawai negeri. Bagi sebagian orang yang bekerja nine-to-five bakal bermasalah dengan urusan antar jemput. Menurut Ibu Ika (kordinator TPA), umumnya anak2 dari karyawan swasta dijemput oleh orang rumah, baik neneknya, pembantunya atau tetangganya.  Selain itu, di bulan puasa, jam penjemputan yang tadinya 15.45 dimajukan jadi 14.30 atau denda Rp. 50.000 (galak bener…)

Hal lain yang saya kurang sreg di sini adalah semua anak pakai seragam dan makanannya yang wuasin tenan. Selain itu, pengasuhnya cenderung kaku. Hal positif dari para pengasuhnya adalah, mereka rajin studi banding ke TPA lain untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari TPA mereka

Responses

  1. Setelah hampir 1,5 tahun bergabung di TPA Depsos, anak saya memilih untuk tidak “sekolah” lagi di Depsos. Alasannya cuma satu, “Bu guru-nya galak!” Segala bujuk rayu sudah tidak mempan lagi membawa dia ke Depsos

    Kualitas pengasuh memang sedikit menjadi isu bagi para penitip di sini. Pengasuh yang kaku, merupakan isu utama di Depsos, termasuk di antaranya kurang responsif dan kurang update dengan teori perkembangan pendidikan anak usia dini.

    Gak perlu detail lah saya jelasin, karena above of all, saya berterima kasih kepada Depsos, anak saya cukup banyak belajar di sini

    FYI sejauh ini yang saya tau ada 5 anak yang pindah dari Depsos ke TPA Az-Zahra

    • Aslkum..Terimakasih bu atas masukannya,namun alangkah baiknya jika ibu langsung shering ke kita sehingga bisa menjadi bahan masukan dan perbaikan kedepannya..

      • Walaikum salam pak akmal, sudah saya respond by japri ya

  2. ass… buk anak saya umur 13 BLN blum pernah pisah ama saya,klo d ttp d tpa kira” brapa lama ya adaptasinya biar mau ama org lain mksi

    • Kalo di tempat saya sih bisa 1 minggu sampai 1 bulan, tergantung daya adaptasi si anak terhadap lingkungan baru. Tapi ada juga yang baru 1 hari langsung ngeraja hehehe

  3. Assalamualikum mbak, salam kenal
    Kebetulan saya PNS, dan dikantor saya belum ada tempat penitipan anak dan kami bekerja dari pukul 8 sampai 16, hal ini membuat kami kesulitan untuk mengurus anak-anak apalagi kami tidak punya asisten pembantu. Untuk itu Saya bersama teman-teman mau mengajukan proposal penitipan anak ke kantor. Saya liat blog mbak, siapa tau bisa sharing. Mungkin mbak bisa membagi pengelatuhuan dan pengalamannya.

    Terima kasih
    Wassalam
    Nina

  4. mbak, makasih postingannya.. saya liat postingan yg ttg TPA harapan bunda dan az zahra.
    saya mau lanjut kuliah di UI salemba, lokasi kedua TPA itu deket ga ya mbak dr UI? anak saya nnti pas masuk TPA kira2 umur 1,5 th..
    tapi slama ini blm pernah diasuh sama org sih, apet sama saya.. mudah2an bisa betah di TPA nya

    • lebih deket depsos sih daripada az-zahra, tapi dari segi kualitas pengasuh sepertinya lebih bagus az-zahra. Ini hasil pengamatan 2 tahun yang lalu, kalo belum ada perubahan

  5. Assalamualaikum Bu..
    Sama dengan Bu Nina saya juga, mohon bisa membagi pengetahuan dan pengalamanya. Saya bekerja di BKN dan belum ada penitipan anak di sini. Bisa kah kira2 kita bekerja sama, saya berharap pengelola Daycare dari luar (pihak swasta) tetapi bertempat di BKN. Mohon sharingnya. Terima kasih.

    • Boleh mba, silakan aja telp ke 4241586, siapa tau kami bisa bantu


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

